KKP Selenggarakan Forum Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024
Kamis, 25 Juli 2024 WIB
Jakarta, (25/7). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri menyelenggarakan Forum Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan KKP. Forum yang dilaksanakan sejak 25 sd 26 Juli ini bertujuan untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan kualitas layanan informasi publik sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Forum yang diikuti oleh lebih dari 400 peserta, termasuk 158 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana dari seluruh unit kerja pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKP, berlangsung di Gedung Mina Bahari III dan IV, KKP, Jakarta. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran, berbagi best practices, dan mendiskusikan tantangan serta strategi dalam mengelola layanan informasi publik, khususnya di era digital.
Forum ini diawali dengan penandatanganan komitmen dari Atasan dan Pejabat PPID KKP terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain itu, dilaksanakan Kick Off Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Internal Tahun 2024 yang bertujuan untuk menilai pelaksanaan keterbukaan informasi di lingkungan KKP, termasuk aspek kualitas informasi, jenis informasi yang disampaikan, serta komitmen dan sarana prasarana pendukung.
Dalam acara tersebut hadir Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro yang memberikan arahan mengenai kebijakan keterbukaan informasi publik di Indonesia; hadir pula Abdul Rahman Ma’mun, mantan Ketua Komisi Informasi Pusat yang membahas tantangan dan strategi badan publik dalam menjalankan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di era digital; Fardila Astari, spesialis komunikasi strategis, memaparkan potret implementasi keterbukaan informasi publik di Indonesia; serta Syawaludin, Komisioner Komisi Informasi Pusat yang menyoroti penguatan PPID dalam implementasi keterbukaan informasi publik di era digital.
Salah satu agenda penting dalam forum ini adalah penyerahan penghargaan kepada PPID Pelaksana yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras dalam memberikan layanan informasi publik yang berkualitas dan transparan. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh unit di KKP untuk terus meningkatkan standar layanan informasi publik.
Forum ini menjadi momentum penting bagi KKP untuk memperkuat tata kelola yang transparan, akuntabel, dan partisipatif, serta mendukung reformasi birokrasi dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik terhadap KKP.
Contact Information: Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Email: humas.kkp@kkp.go.id
Call Center: 141
Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 - Jakarta Pusat
08118751141
Email: ppidkkp@kkp.go.id
Call Center KKP: 141