Rapat Peluncuran Aplikasi SOON

Kamis, 27 Februari 2025 WIB

 

Pada tanggal 26 Februari 2025, PPN Tanjungpandan melakukan Rapat Inovasi di PPN Tanjungpandan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Tenggiri PPN Tanjungpandan. Rapat dipimpin oleh Kepala PPN Tanjungpandan, Arif Usman, dan dihadiri oleh Timja Dukungan Manajerial, Timja TKPU, dan Timja Operasional Pelabuhan. Rapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam hal transformasi digital, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan terus melakukan inovasi, baik yang bersifat digital maupun non-digital. 

     

 

Salah satu agenda pembahasan pada rapat ini adalah telah dikembangkannya aplikasi SOON (Syahbandar One Open Netrwork), sebuah inovasi berbasis aplikasi yang mengitegrasikan layanan berkaitan dengan kesyahbandaran dan aplikasi pendukung di dalam satu platform yang praktis dan modern. SOON dikembangkan untuk menyatukan berbagai proses pelayanan yang sebelumnya terpisah-pisah, menjadi lebih efisien, transparan, dan mudah diakses. Dengan tagline "As Possible, Now!", SOON berkomitmen menghadirkan pelayanan yang responsif sesuai kebutuhan pengguna jasa.

 

Saat ini, SOON memiliki 5 (lima) menu, yaitu

  1. SIKAKAP Lite yang merupakan menu Sistem Informasi Aktivitas Kapal Pengangkut Ikan dan Kapal Penangkap Ikan berupa jumlah kapal dan ruang kosong di Kolam Pelabuhan yang dapat diakses nakhoda kapal perikanan sebelum bersandar di dermaga;
  2. PERISAI API yang merupakan menu untuk melakukan Pemeriksaan Mandiri Teknis, Nautis, Alat Penangkapan Ikan, dan Alat Bantu Penangkapan Ikan secara mandiri oleh nakhoda/pemilik/pengurus kapal perikanan secara cepat dan mengurangi tatap muka dengan petugas  Database Kapal, Absensi Kapal, dan  
  3. PASANG SURUT yang merupakan Informasi tabel pasang surut air laut yang dapat diakses pengguna jasa untuk meningkatkan keselamatan operasional kapal perikanan di kolam pelabuhan;
  4. FORM PERMOHONAN yang merupakan akses formulir permohonan pelayanan kesyahbandaran yang dapat diunduh dan diisi oleh pengguna jasa secara mandiri tanpa harus datang ke ruang pelayanan untuk mengurangi tatap muka dengan petugas; dan
  5. KONTAK PETUGAS yang merupakan menu untuk menghubungkan pengguna dengan petugas layanan secara daring.

 

Aplikasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan efisiensi layanan publik sebagaimana diamanatkan dalam Inpres No. 1 Tahun 2025 tentang percepatan penyelenggaraan pelayanan publik berbasis elektronik. Dengan diluncurkannya aplikasi SOON, PPN Tanjungpandan pun diharapkan pula dapat membangun budaya pelayanan yang profesional, adaptif, dan inovatif yang tentunya selaras dengan core value Ber-AKHLAK. Mari bersama-sama kita sambut era baru pelayanan pelabuhan: lebih digital, lebih mudah, dan lebih dekat dengan kebutuhan pengguna.

 

 

Logo Logo
PPID PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA TANJUNG PANDAN
Kementerian Kelautan dan Perikanan

Jl. RE Martadinata, Tanjungpandan, Kab. Belitung, Prov. Kepulauan Bangka Belitung

08117841454

Email: ppn.tanjungpandan@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Hubungi Kami
Total Pengunjung : 24565
© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia